headlines

Semangat setiap hari akan tercermin jika kau selalu tersenyum dengan senyuman yang paling indah

Selasa, 17 Februari 2009

Kisah 108 Pahlawan di Layar Ganda



Seorang pahlawan bertualang bersama sejumlah rekannya. Di sepanjang perjalanan, dia bertemu dan mengajak orang-orang terpilih yang menyandang takdir dari bintang-bintang. Setelah terkumpul sekitar 108 orang dan membangun suatu markas, mereka pun menyelesaikan peperangan besar melawan suatu kekuatan jahat.

Para penggemar genre RPG mestinya mengenal kisah tersebut. Serial Gensou Suikoden buatan Konami sudah berkali-kali membawakannya, sejak debut di mesin PS One belasan tahun silam. Dengan kisah yang selalu memukau, sistem permainan yang adiktif, dan performa audiovisual yang memikat, publik pencinta game selalu antusias menyambut setiap serinya.

Sampai dengan tempo hari, Gensou Suikoden telah dirilis sebanyak sembilan seri. Terdiri atas lima seri utama, dua seri Gensou Suikogaiden, satu seri Gensou Suikoden: Card Stories, dan satu seri Gensou Suikoden Tactics. Kini kita bisa menikmati seri kesepuluhnya yang berjudul Gensou Suikoden Tierkreis.

Sebenarnya, Gensou Suikoden Tierkreis memiliki kesamaan konsep dengan serial utamanya, yaitu sistem permainan berbasis giliran. Tapi, sepertinya Konami punya sejumlah pertimbangan untuk tidak menamai game ini "Gensou Suikoden VI".

Pertama, game ini dibuat untuk mesin portabel Nintendo DS. Hal itu menimbulkan sensasi yang berbeda dalam memainkannya, terutama dalam hal suguhan audiovisual. Kedua, untuk kali pertama, tidak ada karakter dari seri-seri terdahulu yang tampil kembali. Dan ketiga, game ini tidak memiliki segmen pertarungan satu lawan satu dan perang masal yang jadi salah satu ciri khas serial utama Gensou Suikoden.

Tapi jangan salah, game ini sangat layak menyandang nama besar Gensou Suikoden. Apa pun yang kali ini absen digantikan oleh sejumlah fitur baru yang tak kalah menariknya. Dari segi audiovisual, misalnya, game ini memiliki kualitas grafis 3D kelas atas, tak kalah dengan Final Fantasy IV. Ditambah lagi berbagai FMV (full-motion video) anime yang bertebaran di sepanjang permainan.

Pertempuran dalam game ini kebanyakan terjadi dalam pertemuan acak dengan musuh di area penjelajahan. Dalam tiap pertempuran, kubu protagonis beranggota empat karakter, ditambah satu karakter lain yang memberikan dukungan tertentu secara otomatis. Mungkin sebagian penggemar merindukan konsep dua baris pasukan beranggota enam karakter yang diterapkan di sejumlah seri terdahulu. Tapi, jumlah pasukan yang lebih sedikit ini nantinya berguna dalam segmen perang yang berskala lebih besar.

Untuk menggantikan segmen perang masal, Konami mengadopsi sistem pertempuran multipeleton. Akan ada segmen di mana pemain harus membagi para karakternya dalam peleton-peleton kecil. Tiap peleton ini digerakkan untuk menghadapi peleton-peleton musuh sebagai bagian dari suatu perang masal. Kemampuan strategi pemain cukup diperlukan karena tipe musuh tertentu lebih efektif dilawan oleh karakter tertentu pula. Apalagi, ada karakter-karakter yang jika berada dalam peleton yang sama akan memiliki opsi serangan kombinasi.

Fitur yang paling unik adalah penggunaan fasilitas online. Pemain bisa meminjamkan karakternya ke pemain lain yang sama-sama memiliki mesin Nintendo DS dan game ini. Dengan jumlah karakter yang melimpah, biasanya tidak semua karakter dimainkan secara optimal. Level karakter pinjaman tersebut bisa ditingkatkan oleh orang lain. Pemain bisa menikmati fasilitas ini, baik melalui jaringan nirkabel biasa maupun lewat Wi-Fi. (ray)

Gensou Suikoden Tierkreis

Genre: RPG

Mesin: Nintendo DS

Produksi: Konami

Rilis: 18 Desember 20oo8

Diambil dari:

http://202.158.49.30/deteksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih komentar dong agar lebih baik dihari nanti